Pemprov Jateng & LDII Kerjasama Rehabilitasi Hutan

February 18, 2011 at 11:57 pm Leave a comment

Pemerintah Provinsi Jateng dan Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) menjalian kerjasama dalam  penanganan masalah bencana alam dan rehabilitasi hutan yang ditandai acara gerakan Penanaman 1 Miliar pohon di Temanggung, Jawa Tengah, Rabu.

Siaran pers Humas DPP LDII di Jakarta, Rabu, menyebutkan bahwa Gubernur Jateng dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Dinas Kehutanan Pemprov Jateng Sri Puryono mengatakan, pemerintah tidak bisa sendirian dalam menangani masalah bencana seperti merapi apalagi saat ini diikuti banjir lahar dingin.

Menurut Sri, bencana lahar dingin yang terjadi saat ini juga dikarenakan rusaknya hutan di area Gung Merapi Merapi. Oleh karena itu, pemerintah bersama masyarakat secepatnya akan melakukan rehabilitasi hutan di daerah tersebut.

“Pemprov Jateng dan DI Yogyakarta terus melakukan pemantauan dampak lahar dingin yg terjadi saat ini, peran serta masyarakat sangat diperlukan. Untuk itu Pemprov Jateng menyambut baik inisiatif tokoh lintas agama yang di prakarsai LDII melakukan penanaman pohon 1 orang 3 pohon,” jelasnya.

Sri menambahkan pemerintah pusat menaruh perhatian khusu atas kerusakan lingkungan terjadi di Jateng seperti yang dilakukan menteri kehutanan dengan memberikan bantuan bibit tanaman guna merehabilitasi hutan.

“Menhut sendiri akan memberikan bantuan dana guna pengadaan bibit yg akan ditanam masyarakat dengan sistem hutan tanaman rakyat. Hal ini juga didukung dengan adanya keputusan pemerintah mencanangkan 1 miliar pohon pada tahun ini,” kata Sri.

Sementara itu Ketua Umum DPP LDII KH Abdullah Syam mengatakan bencana alam yang terjadi saat ini tidak lepas dari ulah masyarakat merusak hutan.

“Bencana sendiri dapat dikategorikan jadi dua bencana yaitu gunung meletus merupakan kejadian alam, namun jika bencana banjir dan tanah longsorg itu merupakan peringatan dari Allah agar masyarakat melakukan instrospeksi karena perusakan hutan,” tegas Abdullah Syam.

Menurut dia, peran serta tokoh agama, adat dan LSM dalam gerakan penanggulangan dampak perubahan iklim perlu dilakukan dengan cepat. “Langkah cepat harus dilakukan agar dampak parubahan iklim ini tidak menimpa anak cucu kita,” lanjutnya.

Gerakan penanaman 1 miliar pohon yg dilakukan LDII di seluruh Indonesia tidak hanya di Jateng, Sumbar dan Sumsel. Dalam gerakan penanaman pohon di Jateng hari ini ditamam sebanyak 43 ribu pohon diseluruh wilayah Jateng termasuk di area Merapi jika banjir lahar dingin sudah berlalu.  Selain melakukan gerakan penanaman pohon DPP LDII juga terus memberikan bantuan kepada warga lereng merapi.(http://www.antaranews.com)

Entry filed under: Berita, Sosial. Tags: , , , .

Kunjungan DPP LDII ke PBNU LDII Selenggarakan Munas ke-7 di Surabaya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


February 2011
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28  

Archives

Twitter LDII News

RSS LDII.or.id

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS Nuansa Online

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Blog Stats

  • 299,294 hits

%d bloggers like this: