Musda LDII DKI VII 2010

July 25, 2010 at 2:48 pm Leave a comment

Pemerintah daerah DKI akan melakukan sosialisasi perubahan arah kiblat sholat seperti fatwa MUI. Wagud DKI Prijanto menyatakan akan mensosialisasikan mulai dari tingkat atas sampai ke kelurahan-kelurahan. “Kalau memang seperti itu, ya mari kita sosialisasikan semuanya, kita bisa mensosialisasikan melalui aparat pada hari Jumat atau pada acara-acara keagamaan lainnya,Setiap sosialisasi yang kita lakukan tidak selalu terpaku pada anggaran. Kita bisa mensosialisasikannya lewat acara-acara keagamaan atau yang lainnya,” tegasnya.

Wagub sendiri mengaku baru mengetahui masalah tersebut dari media massa. “Saya baru tahu kemarin dari majalah, bila kiblat berubah arah dari bara ke barat laut,” aku Prijanto.  Senada dengan priyanto, Ketua DPD LDII DKI KH Teddy Suratmadji MSc mengaku juga akan membantu pemerintah propinsi DKI melakukan sosialisasi tersebut.  “Kita mempunyai kewajiban untuk membantu pemerintah setempat diseluruh cabang LDII termasukd di DKI ini,”tuturnya.

Selian itu,Lembaga Dawah Islam Indonesia (LDII) Provinsi DKI Jakarta menyatakan sudah tahu ada perubahan arah kiblat sejak lama, sebelum keluarnya fatwa Majelis Ulam Indonesia (MUI) beberapa waktu lalu sehingga sudah ada beberapa masjid LDII yang dibangun mengarah ke Barat Laut.

“Sebelum keluarnya fatwa MUI, kita sudah mengetahui hal tersebut dengan menggunakan google eart, sehingga ada beberapa masjid yang dibangun agak miring arahnya,” kata ketua DPP LDII DKI Jakarta, KH Teddy Suratmadji MSc saat ditemui di Wisma LDII Patal Senayan Jakarta selatan, Sabtu (17/7/2010).

LDII sendiri pun tidak memberikan seruan khusus kepada para jamaahnya terkait perubahan arah kiblat tersebut. Menurut Teddy, arah kiblat hanya tergantung niat saja dalam beribadah. “Tidak ada seruan khusus untuk jamaah LDII mengenai hal tersebut, karena kiblat hanya sebagai arah saja, kita juga memahami keterbatasan kita, dan kita yakin hal tesebut akan dimaklumi Allah,” ungkapnya.

Menurutnya, arah kiblat hanya merupakan permasalahan geografis saja, sehingga tidak perlu ada pembangunan mesjid baru, hanya tinggal memiringkan saja barisan di masjid.

“Mubalig LDII pernah berangkat ke Suriname, disana kan banyak keturunan Jawa. Tapi disana beribadah menghadap ke Timur. Jadi itu hanya masalah Geografis saja,” ujarnya.

Ia pun melanjutkan bila masjid dengan shaf yang dimiringkan paling kita hanya membuang space kecil dari masjid tersebut. “Sehingga tidak perlu ada pembongkaran masjid. Untuk ibadah kita pun tetap sah hanya tegantung niat dan tujuan kita saja,” paparnya

sementara itu,Pemerintah DKI Jakarta tentang perubahan arah kiblat tersebut, Prijanto menyatakan akan mensosialisasikan mulai dari tingkat atas sampai ke kelurahan-kelurahan.

Kalau memang seperti itu, ya mari kita sosialisasikan semuanya, kita bisa mensosialisasikan melalui aparat pada hari Jumat atau pada acara-acara keagamaan lainnya,” ujarnya.

“Setiap sosialisasi yang kita lakukan tidak selalu terpaku pada anggaran. Kita bisa mensosialisasikannya lewat acara-acara keagamaan atau yang lainnya,” tutupnya

Wagub sendiri mengaku baru mengetahui masalah tersebut dari media massa. “Saya baru tahu kemarin dari majalah, bila kiblat berubah arah dari bara ke barat laut,” aku Prijanto.

Entry filed under: Berita. Tags: , , .

Wagub DKI Apresiasi LDII Kembangkan “Green Dakwah” Malik Fadjar Apresiasi LDII Teguhkan Karakter Bangsa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


July 2010
M T W T F S S
« Jun   Aug »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Archives

Twitter LDII News

RSS LDII.or.id

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS Nuansa Online

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Blog Stats

  • 299,294 hits

%d bloggers like this: