Cek Arah Qiblat Sholat dengan Google Earth

October 1, 2009 at 2:51 pm 3 comments

google earthUntuk benar-benar mengetahui dengan pasti arah qiblat bisa dilakukan pada saat terjadinya rasdul qiblat atau bayang-bayang dari benda yang berdiri tegak lurus mengarah qiblat. Rasdul qiblat adalah hari menepatkan arah qiblat yang terjadi 2 (dua) kali dalam tahun 2009 ini. Rasdul qiblat I (pertama) diperkirakan terjadi pada Kamis (28/5/2009) yang lalu sekitar pukul 16.18 WIB. Saat itulah, saat yang cocok untuk mencocokkan arah qiblat yang benar. Rasdul qiblat II (kedua) diperkirakan pada Kamis (16/7/2009) pukul 16.27 WIB. Pada jam tersebut matahari melintas tepat di atas ka’bah, oleh karenanya setiap bayang-bayang matahari terhadap semua benda yang berdiri tegak pada permukaan bidang yang datar mengarah ke arah garis qiblat (http://apakabarpsbg.com/?p=209).

Masyarakat bisa menggunakan momen tersebut untuk melaksanakan pengecekan. Caranya adalah dengan mendirikan benda tegak lurus atau benda yang digantung dengan tali sehingga tegak lurus, dan menunggu bayangan dari benda tersebut, sesuai dengan jam terjadinya rasdul qiblat tersebut. Maka itulah bayang-bayang mengarah qiblat. Namun jangan lupa, jam yang digunakan dicek dulu dengan menghubungi 103 atau RRI. Dengan metode ini, diharapkan kita bisa melihat keakurasian arah qiblat tempat ibadah kita.

Di sisi lain yang menarik adalah bahwa sekarang kita bisa dengan mudah menentukan arah kibat yang presisi dan tepat ke arah kiblat yaitu ka’bah. Yaitu menggunakan google earth. Dalam user guide-nya disebutkan , “Welcome to Google Earth! Once you download and install Google Earth, your computer becomes a window to anywhere on the planet, allowing you to view highresolution aerial and satellite imagery, elevation terrain, road and street labels, business listings, and more.”

Singkatnya dengan menggunakan google earth kita bisa melihat berbagai tempat dibelahan bumi dengan pencitraan satelit dan bisa melakukan beberapa penambahan-penambahan berupa garis, area, titik lokasi dan sebagainya. Nah…hal inilah yang menjadikan google earth juga bisa menjadi tools untuk menentukan arah kiblat yaitu ka’bah dari mana saja lokasi yang ingin kita ketahui arah kiblatnya berada.

Sebelum kita melakukan penentuan kiblat, tentu saja kita harus men-download dan install dulu google earth melalui link ‘download and install’ di penjelasan singkat user guide google earth di atas. Selanjutnya untuk mengaksesnya pertama kali memerlukan koneksi internet, jika sudah sering menggunakannya maka bisa juga digunakan secara offline.

Langkah-langkah untuk menentukan arah kiblat sebagai berikut:
1. Cari lokasi yang ingin diketahui arah kiblatnya, bisa rumah, masjid, atau tempat yang lain. Lokasi yang diinginkan bisa dicari melalui fasilitas search, misalnya dengan memasukkan kota dan negaranya. Selanjutnya bisa dicari titik lokasi bangunan tepatnya, agak sulit memang, tetapi insyaAllah menyenangkan karena kita bagaikan melakukan penjelajahan dunia. Dengan cara yang lebih advance bisa dengan GPS dan memasukkan koordinatnya di google earth. Setelah itu, dengan cara yang sama cari juga lokasi Ka’bah di Masjidil Haram. Jadikan kedua tempat ini disimpan placemark, sehingga mudah untuk ‘terbang’ dari lokasi yang akan dibuat arah kiblat dengan ka’bah sendiri.
2. Centang lokasi ka’bah di placemark dan hilangkan centang untuk selainnya, lalu Klik Add path yang ada di kiri atas tampilan google earth, lalu klik satu kali dilokasi yang akan dibuat arah kiblatnya. Beri nama di kolom nama, dan jangan klik OK dulu.
3. Selanjutnya klik play di placemark (nikmati penerbangan Anda), klik ka’bah satu kali. Jadi lah garis lurus yang menghubungkan lokasi masjid atau rumah Anda tadi dengan ka’bah, dan inilah arah kiblat masjid atau rumah Anda.

google earth2

Entry filed under: Artikel, Serba-Serbi, Tip & Trik. Tags: , , , , .

Pray Times! Mengingatkan Anda Waktu Sholat di Firefox Menentukan Arah Kiblat dengan Qiblalocator

3 Comments Add your own

  • 1. ldiikotabogor  |  October 29, 2009 at 8:04 am

    cara membuat sudutnya gimana. biar kita tau berapa derajat perubahan arah kiblat kita

    Reply
  • 2. Lantabur  |  November 15, 2009 at 6:17 pm

    BANYAK AMALAN YG BISA DIJADIKAN PULIHAN/TAMBAHAN PDF Cetak E-mail
    Ditulis oleh Administrator
    Sabtu, 12 September 2009 05:10

    pulihan

    Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda,”Barangsiapa ketika mendengar adzan mengucapkan,
    [Ya Allah, Tuhan Pemilik panggilan yang sempurna (adzan) ini dan shalat (wajib) yang didirikan. Berilah al-Wasilah (derajat di surga yang tidak akan diberikan selain kepada Nabi shallallahu’alaihi wasallam) dan keutamaan kepada Muhammad. Dan bangkitkan beliau sehingga bisa menempati kedudukan yang terpuji, yang telah Engkau janjikan], maka ia akan mendapatkan syafa’atku pada hari Kiamat..” (HR. al-Bukhari)

    • SHALAT DUA RAKA’AT SETELAH WUDHU

    Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda, “Tidaklah seseorang berwudhu, dengan menyempurnakannya, lalu melaksanakan shalat dua raka’at dan ia melaksanakannya dengan hati dan wajahnya (konsentrasi), melainkan telah pasti (wajib) baginya surga.” (HR. Muslim)

    • BERSEGERA MELAKSANAKAN SHALAT

    Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda, “Andaikata manusia mengetahui pahala yang ada pada adzan dan shaf pertama, kemudian tidak mendapati selain harus melakukan undian, niscaya mereka akan melakukannya.” (HR. al-Bukhari dan Muslim)

    • PERGI KE MASJID
    Rasululllah shallallahu’alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa yang pergi ke masjid di pagi hari atau sore harinya, maka Allah akan menyediakan baginya hidangan di dalam surga setiap pagi atau sore.” (HR. al-Bukhari dan Muslim)

    • MEMPERBANYAK SHALAT

    Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda, “Hendaklah kamu memperbanyak sujud (shalat) sebab tidaklah kamu sujud sekali kepada Allah, melainkan dengannya Dia akan mengangkat derajatmu dan menghapus dosa (kecil)-mu.” (HR. Muslim)

    • SHALAT SUNNAH RAWATIB

    Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda, “Tidaklah seorang Muslim melaksanakan shalat sunnah, selain fardhu karena Allah subhanahu wata’ala setiap hari sebanyak dua belas raka’at maka Allah akan membangun untuknya rumah di surga.” (HR. Muslim)

    • SHALAT SUNNAH SHUBUH

    Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda, “Dua raka’at Fajar (sebelum Shubuh) lebih baik dari dunia dan seisinya.” (HR. Muslim)

    • SHALAT DHUHA

    Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda, “Setiap tulang rusuk salah satu dari kamu bernilai sedekah; setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid (ucapan ‘alhamdulillah’) adalah sedekah, setiap tahlil (ucapan ‘Laa ilaaha illallah’) adalah sedekah, setiap takbir (ucapan ‘Allahu Akbar’) adalah sedekah, amar ma’ruf adalah sedekah, nahi munkar adalah sedekah dan termasuk bagian dari itu dua raka’at shalat Dhuha.” (HR. Muslim)

    • SHALAT JENAZAH

    Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa yang menghadiri jenazah hingga menshalatkannya, maka ia mendapatkan satu Qirath dan barangsiapa yang menghadirinya hingga dikuburkan, maka ia mendapatkan dua Qirath.” Lalu ada yang bertanya, “Apakah dua Qirath itu.?” Beliau menjawab, “Seperti dua gunung yang besar..”(HR. al-Bukhari dan Muslim)

    • ZIKIR SETELAH SHALAT

    Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa mengucapkan tasbih (mengucapkan ‘subhanallah’) di setiap akhir shalat sebanyak 33 kali, mengucapkan hamdalah (mengucapan ‘alhamdulillah’) sebanyak 33 kali, bertakbir (mengucapkan ‘Allahu Akbar’) sebanyak 33 kali lalu sebagai penyempurna (bilangan) seratus ia mengucapkan,
    [Tiada Tuhan yang berhak disembah dengan haq selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala puji dan bagi-Nya kerajaan. Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu], maka Aku akan mengampuni dosa-dosanya sekalipun sebanyak buih di lautan.” (HR. Muslim)

    • MEMBACA AYAT KURSI

    Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa yang membaca ayat Kursi setiap akhir shalat wajib, maka tidak ada yang menghalanginya masuk surga selain kematian.” (HR. an-Nasa-i)

    • PUASA

    Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa berpuasa sehari di jalan Allah, maka Allah akan menjauhkan wajahnya dari api neraka selama tujuh puluh tahun perjalanan.” (HR. Ahmad dan an-Nasa-i)

    Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda, “Puasa tiga hari setiap bulan adalah seperti puasa setahun.” (HR. Ahmad, at-Tirmidzi dan an-Nasa-i)

    • MEMBACA AL-QUR’AN

    Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa membaca satu huruf dari Kitabullah, maka ia mendapatkan satu kebaikan (pahala) dan satu kebaikan itu bernilai sepuluh kali lipatnya.” (HR. at-Tirmidzi)

    • SHALAWAT KEPADA NABI SHALLALLAHU’ALAIHI WASALLAM

    Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa mengucapkan satu kali shalawat kepadaku, maka Allah akan membalasnya dengan sepuluh kali.” (HR. al-Bukhari)

    • TASBIH, TAHMID DAN TAHLIL

    Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa yang mengucapkan,
    [Tiada Tuhan (yang berhak disembah dengan haq) selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala puji dan bagi-Nya kerajaan. Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu] dalam sehari seratus kali, maka ia mendapatkan pahala setara membebaskan sepuluh budak, dicatat baginya seratus pahala, dihapus darinya seratus dosa dan ia mendapatkan penjagaan dari syaithan pada hari itu hingga sore hari. Dan tidak ada seorang pun melakukan yang lebih baik darinya melainkan orang yang melakukan lebih banyak dari itu.” (HR. al-Bukhari dan Muslim)

    Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda,”Barangsiapa yang mengucapkan ‘subhanallah wa bihamdihi’ dalam sehari sebanyak seratus kali, maka akan dihapus dosa-dosanya sekali pun sebanyak buih di lautan.”(HR. al-Bukhari dan Muslim)

    Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa yang mengucapkan,
    “Maha Suci Allah, segala puji hanya bagi-Nya, tiada Tuhan yang berhak disembah dengan haq selain Dia, Allah Maha Besar”, Maka akan ditanamkan untuknya sebuah pohon kurma di surga.” (HR. al-Bukhari)

    Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda, “Tidaklah seorang hamba mengucapkan di pagi dan sore hari sebanyak tiga kali,
    [Aku rela Allah sebagai Rabb, Islam sebagai agama dan Muhammad shallallahu’alaihi wasallam sebagai Nabi dan Rasul], melainkan sudah menjadi hak Allah untuk meridhainya pada hari Kiamat.” (HR. Ahmad)

    Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda, ‘la haula wa la quwwata illa billah’ adalah salah satu dari sekian banyak perbendaharaan surga.” (HR. an-Nasa-i)

    Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda, “Dua kalimat yang ringan di lisan, berat di timbangan, dan dicintai Allah ar-Rahman; subhanallah wa bihamdihi sub-hanallahil ‘azhim.” (HR. al-Bukhari dan Muslim)

    Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda, “Aku telah mengucapkan empat kalimat yang aku ulang sebanyak tiga kali lebih baik dari yang kamu ucapkan
    [Maha suci Allah, aku memuji-Nya sebanyak makhluk-Nya, sejauh kerelaan-Nya, seberat timbangan Arasy-Nya, dan sebanyak tinta tulisan kalimat-Nya.” (HR. Muslim dan Abu Dawud)

    • MENYANTUNI PARA JANDA DAN ORANG-ORANG MISKIN

    Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda, “Penyantun janda dan orang miskin adalah seperti Mujahid di jalan Allah.” Aku mengira (periwayat hadits-penj.) Beliau shallallahu’alaihi wasallam melanjutkan, “dan seperti orang yang melakukan shalat malam tanpa henti-henti dan seperti orang yang berpuasa tanpa pernah berbuka.” (HR. Muslim)

    • MENJENGUK ORANG SAKIT

    Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda, “Tidaklah seorang Muslim menjenguk saudaranya sesama Muslim yang sedang sakit di waktu pagi melainkan tujuh puluh ribu malaikat mengucapkan shalawat atasnya (mendoakannya) hingga sore hari. Dan tidaklah ia menjenguknya di waktu sore, melainkan tujuh puluh ribu malaikat mengucapkan shalawat atasnya (mendoakannya) hingga pagi hari dan ia memiliki kebun di surga.”(HR. at-Tirmidzi)

    • MENGUCAPKAN ALHAMDULILLAH SETELAH MAKAN

    Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa yang telah menyantap makanan lalu mengucapkan,
    [Segala puji bagi Allah Yang telah memberi (makanan kepadaku) yang ini dan menganugerahkan rizqi dengan tanpa daya dan upaya dariku], maka akan diampuni baginya dosa-dosa yang telah lalu.”(HR. At-Tirmidzi dan Abu Dawud)

    • MEMBACA DO’A ‘KAFARATUL MAJLIS’ (PENUTUP MAJLIS)

    Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa yang duduk di suatu majlis dan banyak salah, lalu sebelum beranjak dari majlis tersebut, ia mengucapkan,
    [Maha suci Engkau, Ya Allah. Dan dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah dengan haq selain Engkau, aku memohon ampun dan bertaubat kepada-Mu], melainkan diampuni baginya dosa yang terjadi di majlis itu.” (HR. at-Tirmidzi)

    • MENDIDIK ANAK-ANAK PEREMPUAN

    Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa yang diberi suatu cobaan (dengan memiliki) anak-anak perempuan ini, lalu ia memperlakukan mereka dengan baik, maka mereka akan menjadi penghalang baginya dari api neraka.” (HR. Ahmad)

    • AKHLAQ YANG BAIK

    Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda, “Tidak ada sesuatu pun dalam timbangan seorang Mukmin yang lebih berat dari akhlaq yang baik pada hari Kiamat.” (HR. at-Tirmidzi)

    Reply
  • 3. Lantabur  |  November 15, 2009 at 6:19 pm

    http://www.lantabur.tv & wibowo@yahoo.com

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


October 2009
M T W T F S S
« Sep   Nov »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Archives

Twitter LDII News

RSS LDII.or.id

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS Nuansa Online

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Blog Stats

  • 299,280 hits

%d bloggers like this: