MUI Minta Masyarakat Sabar Tunggu Keputusan Lebaran

September 16, 2009 at 4:23 am 7 comments

logo-muiDari tahun ke tahun, penetapan Hari Raya Idul Fitri tidak pernah diketahui sejak jauh-jauh hari. Majelis Ulama Indonesia (MUI) meminta masyarakat untuk bersabar mengenai penetapan Hari Raya Idul Fitri tersebut, apakah akan jatuh pada tanggal 20 atau 21 September 2009.

“Sidang Isbat baru dilakukan hari Sabtu 19 September di Departemen Agama, jadi kami meminta agar masyarakat bersabar menunggu keputusannya,” kata Sekjen MUI, Ichwan Sam saat dihubungi okezone, Selasa (15/9/2009).

Jika memang ada perbedaan antar ormas Islam mengenai jatuhnya Hari Raya Idul fitri 1430 H, MUI menghormati perbedaan itu. “Kita menghargai Muhammadiyah dan organisasi Islam lainnya berdasarkan keyakinan mereka,” tambahnya.

Ihwansyah menambahkan perbedaan itu perlu ada forumnya yakni dibicarakan bersama pemerintah, ormas Islam dan ahli ruqyah. Mengenai perkiraan MUI yang mengatakan ketinggian bulan yang sudah mencapai 3 – 5 derajat pada Sabtu, 19 September malam, sehingga Hari Raya Idul Fitri akan jatuh tanggal 20 September dinilainya hanya teknik Ishab. “Kita tetap harus menunggu sidang Isbat hari Sabtu,” tandasnya.

Sedangkan LDII sendiri seperti biasa akan tetap mengikuti keputusan Pemerintah. Karena diyakini bahwa pemerintah dalam hal ini Departemen Agama sudah memiliki semua peralatan penunjang dan operator yang kompeten di bidangnya. [Disarikan dr http://news.okezone.com]

Entry filed under: Berita. Tags: , , , , , .

Cara Membuat “Read More” atau “Baca Selengkapnya” di Blogger Classic dan Beta LDII Kembali Gelar Posko Mudik Lebaran 2009

7 Comments Add your own

  • 1. Iklan Gratis  |  September 16, 2009 at 10:59 pm

    Lebaran memang hari yang sangat ditunggu oleh segenap kaum Muslimin. penetapan tanggal lebaran tahun ini yang kemungkinan besar akan maju satu hari, mudah-mudahan tidak membingungkan masyarakat.

    Dalam menetapkan hari lebaran, memang ada dua cara yang sering digunakan oleh ormas Islam dan pemerintah. Ormas Islam seperti Muhammadiyah, lebih cepat menetapkan hari raya, karena mereka menggunakan metode hisab yang jelas-jelas dapat diperhitungkan dari jauh-jauh hari.Berbeda dengan pemerintah yang lebih mengutamakan metode hilal, yaitu melihat langsung posisi hilal di atas ufuk hingga lebaran baru bisa dipastikan menjelang hari H.

    Mudah-mudahan perbedaan seperti ini dapat menjadi pembelajaran bagi segenap kaum muslimin, serta berupaya menghargai perbedaan itu. Pun begitu, apabila tanggal yang ditetapkan sama maka mudah-mudahan bisa menjadi berkah tersendiri.

    Kepada segenap kaum muslimin, minal a’idzin wal fa’idzin, mohon maaf lahir batin.
    Iklan Gratis

    Reply
  • 2. NUR KHOLIS  |  September 18, 2009 at 12:29 am

    ASSALAM..WR,WB,,BAGI SEMUA KAUM MUSLIM KAMI UCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI MOHON MAAF LAHIR & BATIN. MARI KITA SUCI KAN HATI KITA MASING2..? DAN KITA BUDAYAKAN UKUWAH ,ISLAMIAH DAN BERSATU MENEGAKKAN ISLAM,,? KITA TDK PERLU REBUTAN MASALAH HARI PERTAMA 1 SYAWAL ,KITA IKUTI AJA KEPUTUSAN DARI MUI PUSAT,ALANGKAH BAIKNYA. SAYA HERAN KALAU URUSAN SHOLAT/PUASA ,AMAL/ZAKAT,TIDAK ADA YANG REBUTAN ,TAPI MENGAPA KALAU MAU LEBARAN KOK SEMUA PADA REPOT..?MAAF YA?? TRIMS & WASSALAM

    Reply
  • 3. kuspratiknyo  |  September 18, 2009 at 4:05 am

    kenapa di indonesia dari tahun ke tahun masalah penetapan hari raya selalu terjadi kontrofersi, menurut saya karena methode yang digunakan berbeda. Kenapa methodenya tidak sama dengan yang digunakan oleh pemerintah?, padahal pemerintah kan punya alat yang canggih. Pertanyaan saya , Apakah di negara arab atau di negara lain juga terjadi hal yang sama seperti yang terjadi di indonesia?. Bukan kah kalau ada perbedaan kita kembalikan ke dasar hukumnya islam yaitu qur’an dan hadist. Yang jelas kami melihat hal ini jadi kurang nyaman, karena menurut yang hari rayanya lebih dulu, dia mengatakan kepada yang hari raya belakangan bahwa puasa di hari raya hukumnya haram, begitu pula sebaliknya.
    Kapan waktu nya idul Fitri datang nya kapan, yang jelas kami mengucapkan Taqobalallohu minna waminkum, mudah-mudahan amal ibadah kita di bulan ramadhan diterima oleh Allah SWT. Dan kami berhrap semoga semua umat islam setelah melaksanakan puasa satu bulan penuh ada perubahan/revitalisasi thd amalalan kita, kita lebih sungguh-sungguh untuk beramal dan konsisten terus menerus sampai tutuq ajal mati kita masing-masing. Ajzkk

    Reply
  • 4. Metafuca  |  September 19, 2009 at 9:35 am

    Waduh,, kyakna lebaran ta0n skarang lebih membingungkan dari ta0n kmaren dah..

    Reply
  • 5. vicky febrian  |  September 19, 2009 at 10:07 am

    kenapa pemerintah selalu membingungkan masyarakat dalam menetapkan hari raya. harusnya khan jauh2 hari sudah diprediksikan penetapannya. apalagi terdengar berbagai golongan agama islam yg menetapkan hari besar lebaran itu berbeda sPerti MUI ataU Muhammadiyah, mana kekompakan kaum muslim di Indonesia y9 dipandang oleh agama lain gk bersatu.
    mudah2n hal ini jd perhatian pemerintah dan para tokoh agama.
    “hidup mahasiswa”

    Reply
  • 6. darma  |  December 11, 2009 at 1:05 pm

    setuju mahasiswa hehehe meski saya org bodoh tp sayaseneng kalo semua islam bersatu.bersatu bersatu dan bersatu ga misah ya hehehehe soal nya saya yskin semua ini hanyaego masing2 aja barang kali. tp kalo bisa ya bersatu lah hidup bersatu

    Reply
  • 7. darma  |  December 11, 2009 at 1:11 pm

    ldii mui muhamadiyah semua ormas2 islam semua harus bersatu hidup gusdur…… ?
    di dunia ini ga ada yg sempurna kecuali allahkalo ada yg salah ya ga papa hilappiah karna itu kan ormas
    yg penting bersatu jgn bercerai beraiiii
    hidup gusdur……?
    non muslim bisa bersatu masa islam enga kata nya agama yg benar ayo bersatu biar ga gampang di ancurin ma yahudi..
    hidup gusdur…..?

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


September 2009
M T W T F S S
« Aug   Oct »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Archives

Twitter LDII News

RSS LDII.or.id

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS Nuansa Online

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Blog Stats

  • 299,280 hits

%d bloggers like this: