LDII Sangatta: Kaya atau Miskin Semua Dapat

December 9, 2008 at 3:55 am Leave a comment

sangatta-kaltimWarga Jalan Permai Raya Sangatta yang tergabung dalam Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Sangatta, membagi-bagikan sekitar 3.500 paket daging sapi dan kambing pada perayaan hari Idul Adha 1428 H, Senin (8/12). Daging itu merupakan sumbangan warga yang totalnya berjumlah 42 ekor sapi dan 9 ekor kambing. Pembagian daging dilakukan di Masjid Ulul Albab Sangatta, menggunakan sistem kupon.

Menurut Ketua DPD LDII Sangatta H Siswahyudi, pembagian daging dengan sistem kupon dilakukan untuk mengontrol pembagian daging kurban agar tertib. Selain itu diharapkan agar pembagian bisa berlangsung adil sehingga tidak ada warga yang mengambil jatah daging lebih dari sekali. “Kan jumlahnya cukup banyak, jadi kita siapkan kupon agar bisa tertib. Lagipula kita juga menghindari jangan sampai ada yang dapat dua kali,” kata Siswahyudi.

Pembagian daging kurban lanjut Siswahyudi, tidak membeda-bedakan status ekonomi masyarakat. Seluruh warga diupayakan akan kebagian daging selama mereka bersedia mengambil kupon mengantre sebagaimana aturan panitia . “Seluruh warga yang datang kaya ataupun miskin akan kita beri daging. Yang beda hanya jumlahnya, untuk kaum Dhuafa (warga miskin) kita beri sampai 4 Kg, tapi masyarakat umum sekitar 1,5-2 Kg saja,” katanya.

Pantauan Tribun, hingga pukul 14.30, ratusan warga masih antre untuk mendapatkan jatah daging kurban. Kendati demikian, antrean warga tetap berlangsung tertib. Sekitar 200 orang panitia hari raya kurban Masjid Ulul Albab, sigap melayani seluruh warga yang datang. Namun karena banyaknya daging yang harus dibagikan pihak panitia mengaku tidak sempat lagi untuk menakar daging tersebut secara cermat dengan timbangan.

“Kalau kita timbang waktunya nggak cukup mas, bisa-bisa dagingnya keburu rusak sebelum sempat dibagikan, jadi langsung kita kira-kira saja sekitar 1,5- 2 Kg per orang,” ungkap seorang panitia.

Menurut Siswahyudi, acara pembagian daging yang digelar oleh LDII Sangatta bekerjasama dengan warga Jalan Permai Raya sudah berlangsung sejak tahun 1991. Diungkapkan, pada Lebaran Idul Adha 1427 H, tahun lalu, mereka berhasil mengumpulkan hewan kurban sebanyak 36 sapi dan 11 ekor kambing.

“Tiap tahun kami lakukan hajatan begini. Kami hanya sekedar memfasilitasi orang-orang yang mau berkurban, ternyata cukup banyak yang antusias makanya tradisi ini tetap kita pertahankan,” katanya. Pembagian daging kurban berlangsung dalam suasana yang penuh kekeluargaan. Pasalnya, selain membagikan daging, ibu-ibu pengajian LDII juga membuka dapur umum untuk menu makan siang bagi panitia dan seluruh warga yang ingin memperoleh daging kurban. (don) (http://www.tribunkaltim.com)

Entry filed under: Qurban. Tags: , , , , .

LDII Tarakan: Nabung Tiap Minggu, Bisa Potong Ratusan Hewan Kurban LDII Banyuwangi Distribusikan 80 Sapi dan 166 Kambing

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


December 2008
M T W T F S S
« Nov   Jan »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Archives

Twitter LDII News

RSS LDII.or.id

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS Nuansa Online

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Blog Stats

  • 299,294 hits

%d bloggers like this: