LDII Pamekasan Peringati Hari AIDS se Dunia

December 8, 2008 at 3:38 pm 2 comments

logo-anti-aids1

Bertepatan dengan peringatan Hari AIDS se Dunia pada 1 Desember kemarin, Ketua Granat Bangkalan Khatib Marzuki mengungkapkan, telah terjadi pergeseran penyebab menularnya HIV/AIDS di Bangkalan. “Dari dua nama korban meninggal terakhir, mereka tertular lewat berhubungan badan. Jadi, bukan karena narkoba,” ujarnya

Perilaku seks bebas merupakan bentuk bahaya baru yang mengancam kehidupan masyarakat Madura. Dengan tuntasnya pembangunan Suramadu, menurut Khatib, kemungkinan HIV/AIDS semakin mudah masuk Bangkalan. “Harus diakui, saat ini warga Madura yang mengunjungi tempat prostitusi di Surabaya cukup banyak. Apalagi jika Suramadu selesai, akses menuju tempat prostitusi itu akan lebih mudah,” ujarnya.Pergeseran penyebab peredaran HIV/AIDS juga diakui Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bangkalan dr H Fachrur Rozi. “Memang ada indikasi seks bebas makin meningkat di Bangkalan. Itu menjadi salah satu penyebab penyebaran HIV,” ujarnya. Karena itu, dia mengimbau ada kesadaran tentang bahaya seks bebas. “Secara hukum agama saja, hal itu dilarang karena tidak baik bagi kesehatan. Jadi, jangan sampai berzina. Mendekati saja kan haram hukumnya,” tandasnya.

Aksi perlawanan penyebaran HIV/AIDS kencang dilakukan berbagai elemen masyarakat. Sejak pagi para aktivis yang peduli kesehatan turun ke jalan membagikan selebaran dan bunga untuk memeringati hari AIDS Se Dunia. Puluhan mahasiswa Stikes Insan Se-Agung Bangkalan menggelar aksinya di pertigaan Jalan Halim Perdana Kusuma. Sedangkan mahasiswa Unijoyo menggelar aksi di pintu masuk Pelabuhan Kamal. Sore harinya, siswi MAN Model Bangkalan menggelar aksi di traffic light Jalan HOS Cokroaminoto. Kampanye menarik disampaikan para aktivis Kompolan Kacong-Jebbing Bangkalan (K2JB). Mereka menggelar aksi dengan menolak penggunaan kondom untuk mencegah penyebaran HIV/AIDS. Menurut mereka, penggunaan kondom bukanlah cara paling tepat untuk mencegah virus mematikan tersebut di Bangkalan. Malah, kebijakan tersebut hanya membuat generasi muda Bangkalan pelaku seks bebas semakin meningkat. “Bukannya kami tidak setuju anjuran pemerintah untuk pakai kondom. Tapi, penyadaran bagi yang muda-muda untuk tidak melakukan seks bebas akan lebih efektif,” ujar Sulthon Agung, sekretaris K2JB.

Sementara di Pamekasan, sedikitnya dua lembaga memeringati Hari Aids Se Dunia kemarin. Di perempatan pegadaian, aktivis LDII menyebar bunga dan pita anti-HIV/AIDS. Sedangkan gabungan pelajar dan mahasiswa blusukan ke Lapas Narkotika Kelas II Pamekasan. Para pelajar itu jalan kaki dari Jalan Segara dengan membawa spanduk ukuran besar menuju lapas di belakang kantor pemkab. Mereka bukan sedang demo. Melainkan untuk menggelar seminar tentang bahaya HIV/AIDS dan penyebabnya dengan sejumlah penghuni lapas. Selain itu, ratusan pelajar dan mahasiswa yang berasal dari sekolah di perkotaan itu mendengarkan testimoni dari sejumlah napi kasus penyalahgunaan narkoba.

“Hingga sekarang HIV/AIDS belum ada penawarnya. Sehingga perlu adanya pemahaman, terutama di kalangan pelajar agar menghindari indikator yang bisa terserang HIV,” kata Anshori, koordinator acara. (ale/nam/mat)
(Sumber: http://jawapos.co.id/radar)

Entry filed under: Kegiatan. Tags: , , , , , , , .

Budi Sudarsono: Kurban Itu Kebutuhan Kita LDII Sangatta Bagi-bagi Daging Kurban

2 Comments Add your own

  • 1. aaqir  |  December 9, 2008 at 6:53 pm

    peringatan hari AID sedunia hendaknya kita selku umat islam harus sadar bahwa penyakit itu akibat hubungan lain jenis di luar nekah. oleh karena hari peringatan ini jadikan momentum bahwa hubungan luar nekah sangatlah berbahaya

    Reply
  • 2. irel  |  March 6, 2010 at 9:29 am

    Wahh. . kegiatan yang positif ya, aq jga kkbagian bunganya lho. . .

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


December 2008
M T W T F S S
« Nov   Jan »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Archives

Twitter LDII News

RSS LDII.or.id

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS Nuansa Online

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Blog Stats

  • 299,095 hits

%d bloggers like this: