Nyantri di Ponpes Kediri

November 13, 2008 at 1:51 pm 2 comments

ponpeskediriRibuan santri dari berbagai daerah memilih tetap bertahan di sejumlah pondok pesantren di Kediri untuk memperdalam ilmunya diluar bulan Ramadan sekaligus untuk mendapatkan berkah (tabarukan) di bulan suci Ramadhan ini dengan mengikuti program pengajian kitab kuning.

Pengurus Ponpes Al Falah, Ploso, Mojo, Kediri, Ali Muhsin, menyebutkan, sekitar 2.000 santri dari berbagai daerah mengikuti pengajian kitab kuning selama bulan Ramadhan di pesantren yang letaknya di Kabupaten Kediri bagian selatan berbatasan dengan Kabupaten Tulungagung itu. “Dari jumlah itu, sekitar 700 santri berasal dari ponpes lain di Pulau Jawa, sedang sisanya santri Ploso (Al Falah) sendiri yang memilih tidak pulang kampung, meski sebenarnya kegiatan belajar dan mengajar di bulan Ramadhan ini diliburkan,” katanya.

Pada Ramadhan tahun ini Ponpes Al Falah menjadwalkan satu kitab besar, yakni Tafsir Hadits Imam Muslim untuk ditamatkan dalam program pengajian kilat hingga hari ke-23 puasa Ramadhan.
Selain itu masih ada sekitar 54 kitab lain yang dijadwalkan tamat dalam pertengahan bulan Ramadhan karena tingkat ketebalannya relative lebih sedikit dibandingkan dengan Tafsir Hadits Imam Muslim.

Sementara itu di Ponpes Lirboyo, Kota Kediri, terdapat sedikitnya 4000 santri mengikuti tabarukan kitab kuning selama bulan Ramadhan ini. Pengurus Ponpes Lirboyo, M Rodli menyebutkan, dari jumlah tersebut 500 orang diantaranya adalah santri dari ponpes lain dan masyarakat umum. “Ramadhan tahun ini kami mengadakan pengajian kitab besar ilmu tata Bahasa Arab karya Ibnu ‘Aqil yang dijadwalkan tamat pada hari ke-21 puasa. ” ujarnya menjelaskan. Ditambahkan Rodli selain mempelajari tata bahasa Arab karya Ibnu ‘Aqil masih terdapat sekitar 50 kitab lain yang diajarkan dalam program pengajian kilat bulan Ramadan mulai pagi hingga malam hari.

Sedang di Ponpes Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kediri terdapat sekitar 2.000 santri yang mengikuti program pengajian kilat selama bulan Ramadhan ini. Menurut salah seorang pengajar, Ichwan Abdullah, dari jumlah tersebut, sebanyak 800 diantaranya adalah masyarakat umum, termasuk sembilan orang warga negara Malaysia. “Bagi masyarakat umum, biasanya lebih memilih tinggal di rumah-rumah sewa di sekitar pondok ini, berbeda dengan santri yang memilih tetap tinggal di pondok,” ujarnya.

Materi pengajian selama bulan Ramadhan ini adalah menamatkan kitab suci Alquran beserta dengan terjemahannya yang terbagi dalam empat ruang berbeda tergantung tingkat kemampuan berfikir peserta program pesantren kilat di Ponpes LDII.

Program pengajian kilat yang diselenggarakan beberapa pesantren pada bulan Ramadhan ini merupakan program ekstra kurikuler dan bukan sebagai suatu kewajiban bagi para santri karena tahun pelajaran yang diterapkan di lingkungan ponpes biasanya diawali pada bulan Syawal dan berakhir pada bulan Rajab.(aro) (Sumber:KEDIRI-RADAR)

Entry filed under: Artikel. Tags: , , , , , .

Renovasi Masjidil Haram dan Masjid Nabawi LDII Persiapkan Anak Muda Siap Pakai

2 Comments Add your own

  • 1. nikha  |  September 27, 2009 at 8:45 am

    cieeeeeeeeeeeeee santri yang ga pulang kampung untuk lebaran kapn pulangnya sich…?lam j bat om muhtar yang dri lamteng seng tekun yo……….neng pondok jarene ape membersihkana diri hwa heeeeeeee by cah cilacap

    Reply
  • 2. fauji iwan  |  September 24, 2010 at 7:21 am

    yeah……aq plg kampung ke medan ,tar lg balik kesana…tholabul ilmi lagiiiii

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


November 2008
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

Archives

Twitter LDII News

RSS LDII.or.id

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS Nuansa Online

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Blog Stats

  • 299,280 hits

%d bloggers like this: