Merekam Aktifitas Dalam Blog

November 6, 2008 at 6:30 am Leave a comment

bloggerlogoPenggunaan internet awalnya didominasi untuk pemakaian surat elektronik yang biasa disebut email (electronic mail). Pada perkembangan selanjutnya kebutuhan pemakaian internet tidak hanya teruntuk mengirim email, namun dimanfaatkan untuk kepeluan lain seperti browsing, messenger, conference, photo & video sharing, jaringan komunitas (social networking), e-learning, e-business, e-marketing dan juga blogging.

Dulu, buku harian atau diary menjadi salah satu tren hobi anak muda untuk mencatat kegiatan sehari-harinya. Diary menjadi buku catatan rahasia (private) yang biasanya tersimpan dengan rapi di dalam lemari, rak buku atau di bawah bantal. Hanya penulis buku lah yang boleh membaca catatan hidup tersebut.

Kini, di era digitalisasi tren diary seolah memudar dengan hadirnya blog. Selain gratis (free) dan mudah (user friendly), online diary yang satu ini bisa diakses dimana saja. Bisa diset private (hanya penulis atau orang-orang tertentu yang bisa membukanya) atau bisa di set public agar bisa dibuka siapapun. Blog seolah menjadi diary hidup yang memungkinkan interaksi langsung oleh penulis dengan teman-temannya lewat fitur komentar. Bisa saling mengunjungi halaman blog sekaligus saling berkomentar isi tulisan. Misalnya kalau dulu penulis diary hanya bisa meratapi akan sesuatu kesedihan, dengan blog penulis bisa langsung menerima simpati, doa, sekaligus support dari teman-teman terdekat.

Apa itu Blog?
Blog berasal dari frase web blog yang kemudian dipersingkat menjadi weblog. Blog yang bisa disebut sebagai evolusi dari homepage, merupakan bentuk aplikasi web yang umumnya memuat tulisan-tulisan atau sebuah posting pemiliknya. Tulisan-tulisan tersebut seringkali dimuat dalam urutan terbalik, dimana posting terbaru akan muncul terdepan kemudian diikuti tulisan yang lebih lama.

Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang didirikan oleh PyraLab sebelum akhirnya diakuisisi oleh raksasa Google. Setelah Blogger atau Blogspot, hadir penyedia weblog gratis lainnya seperti WordPress, Multiply, Blogdrive, Blog, Blogsome dll. Di Indonesia sendiri sudah ada penyedia blog gratis yaitu DagDigDug yang beralamat di www.dagdigdug.com. Beberapa jaringan komunitas sosial pun ikut menyediakan fitur blog seperti Friendster maupun Facebook.

Situs-situs web yang saling berkaitan berkat weblog atau interkoneksi kumpulan weblog sering disebut sebagai blogosphere. Bilamana terjadi sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subyek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog.

Kegunaan Blog
Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, dari sekedar menjadi catatan harian (personal blog), sampai menjadi sumber penghasil uang dengan menjadi media untuk menjual berbagai produk dan jasa di internet (business blog). Selain itu blog bisa menjadi perekat sebuah komunitas di dunia maya, menjadi media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai menjadi tool pendukung program-program media dan perusahaan-perusahaan.

Dengan memiliki blog, pribadi maupun mewakili kepentingan kelompok atau organisasi, bisa merekam atau mendokumentasikan aktifitas sehari-harinya kedalam blog tersebut. Tidak hanya sekedar artikel dalam bentuk teks, tapi file berformat audio maupun rekaman video pun bisa di-publish. Tak heran kalau sebuah Rukun Tetangga (RT) atau Rukun Warga (RW) disebuah perumahan pun memiliki sebuah blog yang bisa diakses dan dioptimalkan warganya.

Cara Membuat Blog
Untuk memiliki sebuah blog sangatlah mudah. Cukup alamat email sebagai user id serta koneksi internet tentunya. Langkah selanjutnya adalah mendaftar di penyedia blog seperti WordPress di www.wordpress.com atau di www.id.wordpress.com untuk yang berbahasa Indonesia. Untuk di Blogspot silahkan mengunjungi www.blogger.com. Kedua blog tersebut pada prinsipnya hampir sama dalam cara pendafatarannya.

Langkah pertama pilihlah nama pengguna (user id) serta kata sandi (password) untuk proses login selanjutnya, serta masukkan alamat email yang valid untuk proses verifikasi dan moderasi. Kemudian memilih subdomain yang diinginkan, misal ldii-solo, maka alamat blog nantinya adalah http://ldii-solo.blogspot.com. Bila di WordPress memilih sub domain ldiibandung, maka alamat untuk mengakses blognya adalah http://ldiibandung.wordpress.com. Langkah selanjutnya untuk WordPress adalah verifikasi account di email Anda sedangkan di Blogger adalah memilih desain template yang diinginkan. Setelah selesai, alamat blog sudah bisa diakses dan sudah bisa memulai sebuah posting. Untuk tutorial dan tip trik nge-blog selengkapnya bisa diakses di https://blogldii.wordpress.com.

Entry filed under: Blogging. Tags: , , , , , .

Harapan Islam pada Kemenangan Barack Obama Keutamaan Mengkaji Al-Qur’an & Al-Hadist

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


November 2008
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

Archives

Twitter LDII News

RSS LDII.or.id

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS Nuansa Online

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Blog Stats

  • 299,280 hits

%d bloggers like this: