LDII Kembangkan Ekonomi Syariah

October 31, 2008 at 2:00 am 4 comments

Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) bertekad mengembangkan penerapan ekonomi syariah melalui pemberdayaan masyarakat terutama di desa-desa. “Kami berupaya lebih mempercepat lagi pengembangan ekonomi syariah saat konsep instrumen ekonomi atau perbankan sudah diatur negara,” kata Ketua Umum LDII Abdullah Syam sebelum penutupan Rapat Kerja Nasional LDII di Jakarta, Kamis pekan lalu.

Menurut dia, LDII akan mencoba melakukan bebagai cara untuk mewujudkan swadaya masyarakat melalui pemberdayaan ekonomi syariah. Untuk itu, LDII bekerja sama Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk menggelar pelatihan jasa keuangan syariah serta pengelolaan koperasi dengan manajemen syariah.

LDII, ujarnya, juga melakukan kerja sama dengan BRIngin Life Syariah dengan mengikutkan seluruh pengurus LDII dalam program asuransi jiwa dan kecelakaan dan kesehatan senilai Rp100 juta sebagai tahap.

Abdullah menambahkan tekad mengembangkan ekonomi syariah yang muncul dalam rakernas itu berdasar pada komitmen membangun ekonomi umat sebagai bagian ibadah dan dakwah.

Selama delapan tahun LDII memgembangkan usaha bersama, kini telah tercatat 250 unit usaha bersama yang dikelola LDII dengan modal Rp18 miliar. Dari usaha itu, katanya, sisa hasil usaha mencapai Rp1,3 miliar atau Rp6,34 juta untuk per unit usaha. “Potensi ini bermanfaat untuk mewujudkan ekonomi syariah dalam upaya mendorong meningkatkan ekonomi rakyat, ujar Abdullah.

Terkait bencana yang beruntun terjadi di Tanah Air, ia meminta masyarakat tidak menyesali yang terjadi, tetapi bagaimana ke depan menyikapi musibah itu secara bersama-sama. “Musibah ini bisa merupakan ujian atau peringatan, tetapi bisa juga sebagai azab Yang Mahakuasa. Sebab itu, kita perlu introspeksi masing-masing,” katanya.

LDII membentuk tiga posko di Sumatera Barat untuk menerima dan menyalurkan bagi korban gempa di wilayah itu. Sebelumnya, hal serupa dilakukan di gempa Aceh dan Yogyakarta serta banjir di Jakarta. “Ke depan LDII akan bekerja sama Depsos menyiapkan 5.000 relawan untuk dilatih menjadi taruna siaga bencana. Yang diharapkan memiliki kemampuan menangani bencana yang terjadi kapan saja,” katanya. n ANT/E-2 (www.lampungpost.com)

Entry filed under: Berita. Tags: , , , , , , .

Suryo Agung Wibowo terima Solopos Award 2008 Orang Pandai Menurut Rasululloh

4 Comments Add your own

  • 1. jcole  |  November 27, 2008 at 9:22 am

    sebgaai Generus khususnya diwil surakarta, dimana kt bs belajar pelatihan ekonomi mandiri shg bs menumbuhkan jiwa wiraswasta yg religius

    Reply
  • 2. yudi  |  November 9, 2011 at 2:43 pm

    silahkan belajar pada pengusaha” kecil di sekitar Anda, kalau sudah tahu cara mendapatkan keuntungan dalam satu bidang,,,, silahkan diaplikasikan pada bidang yang Anda minati

    Reply
  • 3. yudi  |  November 9, 2011 at 2:47 pm

    GPS (Generasi Pengusaha Sukses),,,,
    mari kita tumbuh kembangkan

    Reply
  • 4. yudi  |  November 9, 2011 at 2:49 pm

    berawal dari sesuatu yang sederhana, usahakan produk yang ramah lingkungan………..

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


October 2008
M T W T F S S
« Sep   Nov »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Archives

Twitter LDII News

RSS LDII.or.id

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS Nuansa Online

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Blog Stats

  • 299,294 hits

%d bloggers like this: