Nikmatnya Buka di Masjid Nabawi

September 10, 2008 at 5:34 am 1 comment

Ada dua kebahagiaan bagi orang yang melaksanakan ibadah puasa, yaitu yang pertama pertama ketika berbuka puasa dan yang kedua ketika bertemu dengan Aku (Allah). Demikian salah satu riwayat dalam hadis. Dalam riwayat lain ditegaskan bahwa pahala bagi orang yang berpuasa akan langsung dibalas oleh Allah kepada yang bersangkutan. masya Allah, Subhanallah.

Nikmatnya berbuka puasa seperti riwayat hadits tadi semakin saya rasakan ketika berada di Masjid Nabawi. Dua jam sebelum berbuka pada pukul 18.30 waktu setempat, puluhan petugas di Masjid Nabawi secara sigap mempersiapkan makanan dan minuman untuk berbuka puasa. Biasanya berupa roti Arab, kurma, yogurt, dan air minumnya tentu saja air zamzam.

Selain kesibukan persiapan berbuka puasa di Masjid Nabawi, masyarakat Medinah, khususnya yang tergolong kaya, juga menyiapkan makanan dan minuman di pelataran-pelataran jalan dan toko untuk diberikan secara cuma-cuma kepada siapa saja sebagai sedekah makanan untuk berbuka puasa. Terkadang tawaran tersebut terpaksa kita tolak karena repot membawanya. Sungguh luar biasa apresiasi warga Kota Madinah dalam menjemput pahala puasa dengan menyiapkan makanan dan minuman berbuka puasa.

Dalam sebuah hadis, Nabi bersabda bahwa sadaqah yang terbaik adalah sadaqah makanan. Apalagi hal tersebut dilakukan dalam bulan Ramadhan di mana setiap kebaikan pahalanya akan dikalikan 10, bahkan ila masya Allah (sekehendak Allah), dibanding di luar Ramadan. Hal ini membuktikan bahwa bulan Ramadan adalah bulan penuh rahmat dan maghfirah. Puluhan ribu jamaah pun memadati Masjid Nabawi hingga pelataran masjid menunggu azan Magrib tanda berbuka.

Berbagai suku bangsa duduk bersama sambil melafalkan zikir dan doa. Waktu menjelang azan Magrib memang merupakan salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa. Pada umumnya ketika waktu berbuka tiba para jamah akan langsung memakan kurma dan meminum air zamzam.Setelah itu baru menikmati makanan lainnya, seperti roti dan yoghurt yang dicampur bumbu Arab. Ada juga penduduk Madinah yang membawa teko atau termos yang berisi air yang rasanya seperti air jahe dan membagi-bagikannya kepada penduduk di sekitarnya. Bagi yang tidak berselera dengan makanan Arab bisa membawa sendiri makanan dan minuman sesuai selera masing-masing.

Khusus keutamaan air zamzam adalah air berkah yang manakala diminum sampai kenyang maka akan menjauhkan kita dari sifat-sifat munafik. Manfaat lainnya adalah dapat mengobati berbagai penyakit. Itulah sebabnya sebelum minum air zamzam disunnahkan membaca doa: “Allahumma inni as’aluka `ilman nafi’an warizqan wasi’an, wasyifaan min kulli dain wasaqamin birahmatika ya arhamarrahimim”. Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya kami mohon pada Engkau ilmu yang bermanfaat, rizki yang luas, amal yang diterima, dan obat dari segala penyakit, dengan rahmat-Mu ya Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang”. (Oleh: Hidayat Nahwi Rasul,Sumber Asli: http://www.tribun-timur.com/view.php?id=95668)

Entry filed under: Artikel. Tags: , , , .

Pondok Pesantren LDII Burengan Kediri Mengejar Pahala di Medinah

1 Comment Add your own

  • 1. noni  |  March 4, 2009 at 12:14 pm

    semoga saya cepat nyusul😀

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


September 2008
M T W T F S S
« Aug   Oct »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Archives

Twitter LDII News

RSS LDII.or.id

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS Nuansa Online

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Blog Stats

  • 299,095 hits

%d bloggers like this: