Mengejar Pahala di Medinah

September 10, 2008 at 5:35 am Leave a comment

Biasanya, udara di Kota Medinah, Arab Saudi di malam hari mencapai hampir 40 derajat celsius dan di siang hari bisa mencapai 50 derajat celsius. Serasa berdiri disamping api yang membara dan kulit wajah seperti terbakar dan mengelupas.

Namun bulan Ramadan dengan segala pahala dan maghfiroh yang dijanjikan oleh Allah SWT menjadi motivasi dari jamaah yang berkunjung ke Medinah Al Munawwaroh (kota yang bersinar) sebagai kota kebanggaan Nabi Besar Muhammad SAW sehingga suhu ekstrim tadi tidak menjadi penghalang untuk beribadah.

Apalagi pada malam hari kita bisa masuk ke Masjid Nabawi yang sejuk seraya menikmati air zamzam. Selain itu, ibadah di Masjid Nabawi juga mendapat pahala 1.000 derajat dibanding ibadah di masjid lain, kecuali Masjidil Haram yang pahalanya seratus ribu kali.

Namun tidak sedikit jamaah yang setelah melaksanakan salat Isya berjamaah memilih “tawaf” di “hutan beton” yang mengelilingi Masjid Nabawi. Pasalnya, di sekitarnya ada toko, mal, kedai, sampai penjual emperan yang menawarkan berbagai barang. Mulai dari jam tangan berkelas sampai rumput fatimah. Ada juga aneka jajanan yang menggiurkan setelah berpuasa di siang hari, seperti kebab, roti kari, dan berbagai jenis kurma.

Apalagi jarak dari Masjid Nabawi dengan lokasi tawaf itu tidak begitu jauh, hanya kurang lebih 100 meter. Meskipun berdekatan, namun suhu udara begitu ekstrem. Tatkala kita berjalan diantaranya, udara panas yang langsung menyergap tubuh dan wajah bisa mencapai 40 derajat celcius,. Pada hari kedua, Subhanallah, cuaca di Kota Madinah sungguh di luar dugaan, yakni mendung dan sejuk. Hal ini membuat seluruh jamaah semakin bersemangat beraktivitas dan melaksanakan ibadah-ibadah sunnah maupun ziarah ke tempat-tempat bersejarah.

Terdapat banyak keutamaan Kota Madinah, antara lain:
1. Salat di Masjid Nabawi lebih utama 1.000 kali dibandingkan ibadah di masjid-masjid lainnya di bumi ini, kecuali Masjidil Haram.
2. Salat di Raudha dalam Masjid Nabawi sama dengan berjalan-jalan dan salat di taman surga.
3. Berziarah ke makam Nabi Muhammad sama dengan mengunjungi rumah Nabi sewaktu beliau hidup.
4. Salat di Masjid Quba, yakni masjid yang pertama kali dibangun oleh Nabi Muhammd ketika hijrah ke Madinah, pahalanya sama dengan satu kali umrah.

Dua Kiblat
Selain itu kita juga dapat mengunjungi tempat-tempat bersejarah lainnya seperti Masjid Kiblatain atau masjid yang memiliki dua kiblat, yakni menghadap ke Mesjidil Aqsa dan satu lagi menghadap ke Baitullah. Di sinilah turun wahyu berupa Surat Al-Baqarah ayat 144 yang memerintahkan Nabi Muhammad menghadap Masjidil Haram. Kita juga dapat mengunjungi masjid-masjid para sahabat Nabi di dekat lokasi perang khandak. Inilah perang yang sangat bersejarah dimana ketika akan diserang oleh orang kafir Nabi Muhammad dan para sahabat menggali parit sebagai benteng pertahanan sehingga musuh tidak dapat menyerang karena terhalang parit.

Ada juga lokasi Jabal Uhud tempat terjadinya perang dahsyat dimana orang Islam mengalami kekalahan dan tewasnya paman Nabi, yaitu Hamzah. Tentu tidak ketinggalan kita juga bisa berkunjung ke pasar kurma dekat kebun kurma. Di sini terdapat kurma Nabi. Dalam hadis dikatakan bahwa barang siapa yang memakan kurma Nabi sebanyak tiga, lima, atau tujuh butir di waktu pagi akan dilindungi oleh Allah dari kekuatan sihir sampai esok pagi.
(Oleh: Hidayat Nahwi Rasul,Sumber Asli: http://www.tribun-timur.com/view.php?id=95545&jenis=Front)

Entry filed under: Artikel. Tags: , , , , , .

Nikmatnya Buka di Masjid Nabawi Mekah, Magnit Umat Islam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


September 2008
M T W T F S S
« Aug   Oct »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Archives

Twitter LDII News

RSS LDII.or.id

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS Nuansa Online

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Blog Stats

  • 299,280 hits

%d bloggers like this: