Wiki

Lembaga Dakwah Islam Indonesia disingkat LDII adalah sebuah organisasi islam di Indonesia. Sebelumnya sejak tanggal 13 Januari 1972 organisasi ini bernama LEMKARI. Pada tahun 1990 saat berlangsungnya Musyawarah Besar LEMKARI ke IV di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, oleh Rudini, Menteri Dalam Negeri saat itu, organisasi ini diubah namanya menjadi LDII (Lembaga Dakwah Islam Indonesia) dengan alasan agar namanya tak tertukar dengan Lembaga Karatedo Indonesia yang juga memakai nama LEMKARI. LDII saat ini dipimpin oleh Ketua Umumnya Prof.Riset.Dr.Ir. KH. Abdullah Syam, MSc yang memiliki perwakilan di setiap provinsi dan 407 DPD Kota/Kabupaten, 4500 PC dan ribuan masjid yang tersebar di seluruh nusantara. Jumlah pengikut LDII menurut data statistik organisasi antara 25-29 juta jiwa di seluruh dunia. Pemerintah RI dan MUI juga mengakui bahwa warga LDII memiliki budiluhur yang baik dan menghormati hukum.

Metode Pengajaran LDII
Di dalam mengajarkan ilmu Alqu’ran dan Alhadits, LDII tidak menggunakan sistim kelas seperti pada umumnya. Metode penyampaian guru membacakan Al Quran,mengartikannya secara kata per kata dan menafsirkannya dengan dasar penafsiran dari hadits yang berkaitan dan penjelasan beberapa ahli tafsir, misalnya tafsir Ibn Katsir. Murid-murid mencatat arti kata-per kata di Al Qurannya dan juga penjelasan tafsirnya. Untuk AL Hadits cara yang sama diajarkan, dimana guru dan murid sama-sama memgang hadits yang sama dan melakukan kajian. Hadits yang dipelajari adalah utamanya hadits kutubussittah (Bukhori, Muslim, Abu Dawud, Nasai, Timidzi, Ibn Majah) dan juga hadits lainnya seperti Malik al Muatho, dan musnad Ahmad., disamping itu mereka juga mempelajari himpunan hadit sesuai temanya, sepeti kitab sholat yang berisi tatacara sholat sesuai ajaran Nabi Muhammad yang tertulis dalam beberapa sumber hadits, kitab puasa (shoum), kitab manasik haji, dan lain-lain. Dengan mempelajari hadits secara langsung dari kitab aslinya berarti secara langsung mengetahui suatu hadits apakah shohih atau lemah, sehingga terhindar dari rusaknya ilmu dan amal mereka.

Metode pemaknaan perlafadz itulah yang membuat para anggota LDII banyak menguasai kata-kata arab yang sangat berguna dalam kehidupan beragama. Misalnya mereka dapat mengerti apabila sedang membaca Al Quran tanpa harus mempelajari ilmu bahasa arab atau ilmu alat (nawnu, shorof) karena ulama LDII beranggapan bahwa pencerdasan ilmu Al Quran bukan hanya milik ulama tetapi untuk semua orang, karena memang AL Quran diturunkan untuk seluruh umat manusia bukan hanya untuk ulama tertentu. Semoga Allah Ta’ala memberi petunjuk pada kita semua.

Aktivitas Pengajian LDII
LDII menyelenggarakan pengajian dengan rutinitas kegiatan yang cukup tinggi karena Al Qur’an dan Al Hadits itu merupakan bahan kajian yang cukup banyak dan luas. Di tingkat PAC umumnya pengajian diadakan 2-3 kali seminggu, sedangkan di tingkat PC diadakan pengajian seminggu sekali. Untuk memahamkan agama islam yang sesuai dengan qur’an dan hadist, LDII mempunyai program pembinaan cabe rawit (usia prasekolah sampai SD) yang terkoordinir diseluruh masjid LDII. Selain pengajian umum, juga ada pengajian khusus remaja dan pemuda, pengajian khusus Ibu-ibu, dan bahkan pengajian khusus Manula/Lanjut usia.Ada juga pengajian UNIK (usia nikah) Disamping itu ada pula pengajian secara umum kepada masyarakat yang ingin belajar Al-qur’an dan hadits. Pada musim liburan sering diadakan Kegiatan Pengkhataman Al-qur’an dan hadits selama beberapa hari yang biasa diikuti anak-anak warga LDII untuk mengisi waktu liburan mereka. Dalam pengajian ini pula diberi pemahaman kepada seluruh warga LDII tentang bagaimana pentingnya dan pahalanya orang yang mau belajar dan mengamalkan Al-qur’an dan hadits dalam keseharian mereka.

Setiap bulan Ramadhan, terutama pada 10 hari terakhir bulan ramadhan, seluruh masjid LDII selalu penuh sesak digunakan oleh masyarakat beribadah non-stop mulai jam setengah delapan malam (sehabis sholat Isya’) hingga sebelum subuh (sekitar pukul setengah empat pagi) untuk mencari Lailatul Qadar.

Sumber Pendanaan LDII
Didalam membiayai segala macam aktivitasnya menurut ketentuan ART organisasi pasal 35, LDII mendapatkan dana dari sumbangan sah dan tidak mengikat yang sebagian besar dikumpulkan secara sukarela dari warga LDII sendiri (swadana) tanpa paksaan apapun. Selain dari warganya, LDII juga menerima sumbangan dalam berbagai bentuk dari pemerintah RI, swasta maupun perorangan.

Kontroversi
Gerakan LDII merupakan lembaga yang berusaha membangun peradaban Islam berdasarkan tuntunan Al-quran dan Al-hadits tetapi menuai banyak kontroversi dan dianggap sesat oleh beberapa aliran Islam lainnya akibat kesalahpahaman yang sering terjadi akibat rendahnya pengetahuan masyarakat tentang aktivitas pengajian LDII [1], terutama dengan tuduhan mereka terhadap adanya doktrin-doktrin LDII yang diduga tidak sesuai dengan ajaran Islam seperti penghalalan harta kelompok lain di luar kelompok mereka untuk diambil (padahal tidak benar), konsep manquul pada pembelajarannya, pembayaran denda sebagian harta untuk menebus dosa, dan lain-lain. Pihak LDII sendiri membantah hal tersebut dan menuduhnya sebagai propaganda untuk menjatuhkan LDII. Hal tersebut dapat dilihat pada terbitnya buku berjudul “Islam Jama’ah : Di Balik Pengadilan Media Massa” (Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/LDII)

58 Comments Add your own

  • 1. Nurjana  |  December 22, 2008 at 7:40 am

    Alhamdulillah saya telah bergabung dengan LDII Desa Makasar Jakarta Timur.
    Semoga BlogLDII bisa berjalan terus.
    Dzazakumuloh khoiro

    Reply
    • 2. arief rohim  |  October 10, 2009 at 8:07 pm

      alamat pengajian atau masjid yang di sekitar cipinang indah atu halim atau cipinang muara ada ngga, saya ingin megikutkan putra saya ke pengajian tersebut. terima kasih….!!!

      Reply
  • 3. arifim  |  April 10, 2009 at 8:06 am

    kalau di BALI menhubungi siapa jika ingin belajar ngaji….mohon infonya di 081233577628 ( arifin )

    Reply
  • 4. TRIWAHYUNI.  |  June 11, 2009 at 7:54 am

    kalau di BOJONEGORO menghubungi siapa jika mau mengaji ? mohon infonya di 08120463818

    Reply
  • 5. Teguh  |  June 15, 2009 at 6:21 am

    Kepada Bp. Arifin dan Ibu Triwahyuni, insya Alloh sedang kami usahakan mencari Contact Person rekan2 LDII di daerah Bali dan Bojonegoro. Syukran Katsira.

    teguh313 [at] gmail [dot] com

    Reply
  • 6. Tege  |  June 15, 2009 at 4:47 pm

    @ Triwahyuni

    alamat masjid di Bojonegoro :

    masjid Baitul Muttaqin
    Jl Setia Budi No. 9
    klangon, Bojonegoro
    no tlp 0353-886313

    klo ybs cewe bs cari mbak tety,,klo cowo cari aja mas yakub…

    smoga bermanfaat.. .

    Reply
  • 7. Jiwantoro  |  June 29, 2009 at 5:59 am

    foto-foto di kerawang kok tidak di tampilkan

    Reply
  • 8. agus sudono  |  July 11, 2009 at 3:09 pm

    ass.wwb.mohon alamat/telpon/dengan siapa mau ikut bergabung/ngaji didaerah kelurahan sukamaju depok.kalau berkenan mohon dihub ke no 23767222 trmksass.wwb

    Reply
  • 9. bayu  |  September 5, 2009 at 7:47 am

    ass. alamat masjid dijambi dimana aja alhamdulillahi jazakumullohu khoiro

    Reply
  • 10. joe  |  October 8, 2009 at 10:45 am

    tlong tatacara bgmn saya bisa ikut mengaji diLDII
    saya tinggal di dramaga kampus IPB tolong caranya dikirim keemail

    Reply
    • 11. fairlany  |  November 24, 2011 at 4:51 am

      IPB mn mas? surabaya?

      Reply
      • 12. ferry kusumawardhana  |  October 8, 2012 at 3:32 am

        Gak perlu pakai tata cara mas. langsung aja datang dan ikut ngaji di masjid2 terdekat yg dikelola oleh organisasi LEMBAGA DAKWAH INDONESIA. :)

    • 13. @mendua313  |  October 4, 2012 at 3:59 am

      dideket kampus ipb ada masjid ldii juga kok,
      coba tanya kepada bapak hery 081510134206

      Reply
  • 14. arief rohim  |  October 11, 2009 at 8:28 am

    Mohon informasi alamat masjid atau pengajian untuk wilayah halim, Cipinang Besar atau Cipinang Indah, saya ingin mengikut sertakan putra kami yang membawa surat sambung dari Sokaraja namun belum tahu alamat disini…!! jaza kumullohu khoiro..!!

    Reply
  • 15. azwar  |  December 17, 2009 at 10:34 am

    semoga LDII diketahui dan diminati masrakat yang beragama Islam dan menjadikan LDII sebagai guru dan sekolah yang berjalan , yang aktif inline dan on line.

    Reply
  • 16. azwar  |  December 17, 2009 at 10:36 am

    mohon informasi alamat LDII di Medan. tks

    Reply
  • 17. Jaswadi  |  January 9, 2010 at 1:09 am

    Assalamualaikum…
    Mhon infonya alamat LDII di kec. Bengalon (wilayah Sangatta),Kutai Timur,Kalimantan Timur..
    Atau salah stu pengurusnya,.insya Allah saya berniat ingin belajar…
    Terimakasih ( 0813 2567 3015)

    Reply
  • 18. adham hijazi  |  March 20, 2010 at 5:55 pm

    bisa kasi tahu alamat LDII di mekkah ,arab saudi?
    low bsa sms ke no hp 00966542201230

    Reply
  • 19. usman n  |  April 20, 2010 at 1:52 am

    bisa kasih tau alamat masjid ldii yang di daerah tb ismail dalam

    Reply
  • 20. petrha  |  May 3, 2010 at 6:02 pm

    Assalamualaikum…
    mohon infonya, tolong tata cara bagaimana saya bisa ikut mengaji di LDII, saya berniat ingin mengaji, tolong kirim ke email, trimakasih…

    Reply
  • 21. petrha  |  May 3, 2010 at 6:04 pm

    Ass.Wr. Wb. Saudaraku warga ldii dimana saja. Selama ini saya sangat tertarik dengan kegiatan ldii di tempat tinggal saya, dan sya sangat mendukung dan simpati dengan kalian, selanjutnya Saya sangat ingin sekali bergabung, mencari ilmu dan beramal seperti kalian. saya melihat diantara kalian sangat rukun dan kompak dalam setiap kegiatan. dan semua isyu, gegeran, fitnah yang ditujukan kepada kalian ternyata tidak benar. tolong kasih saran bagaimana caranya untuk bergabung. dengan kalian. WS.WR

    Reply
    • 22. qhj4ever  |  May 8, 2010 at 11:49 am

      kami sudah menghubungi bapak/ibu lwt email

      Reply
  • 23. vino  |  May 18, 2010 at 6:39 am

    amsol beritahu alamat no.tlp & hp ldii bondowoso.ada teman yang mau tapi tinggal nya di bondowoso.ajkk

    Reply
  • 24. opi  |  May 24, 2010 at 11:05 am

    ass.. tolong info alamat lengkap ldii bali ke 081805510754.. saya pngen bgt ngaji di ldii

    Reply
  • 25. adin  |  July 19, 2010 at 5:22 am

    amsol dimuat alamat masingmasing sekertariat DPD Prov dan DPD Kabupaten seluruh Indonesia agar mudah untuk menghubunginya ajzkr

    Reply
  • 26. toibah miskad  |  August 3, 2010 at 12:51 pm

    asallamu allaikum. saya berada di Oman ARAB saya mau ngaji di mana? kalau ada di Oman ldii amal solleh hubungi no tlp saya 968-99138623.zaja khulakhoir

    Reply
  • 27. rorie  |  September 24, 2010 at 5:52 am

    tolong info almt ldii djakarta tmur
    khususnya didaerah kramat jati/jagorawi

    Reply
  • 28. Kiky  |  November 21, 2010 at 5:00 am

    Assalamualaikum . . .

    amsol kasih saya info alamat & No tlp masjid LDII di daerah Penggilingan Jakarta Timur secepatnya.

    Jazkal . . .

    Reply
  • 29. yulia arza  |  November 22, 2010 at 12:19 pm

    assalamualaikum WWB.
    kalau didaerah tangerang, deket bintaro, dimana bisa ikut pengajiannya ya..
    terima kasih sebelumnya

    wassalam

    Reply
  • 30. mukhlis  |  December 17, 2010 at 12:34 pm

    ASLKM… minta alamat pngajian di daerh raha sulawesi tenggara,cz saudara mau ikut ngaji ldii?

    Reply
  • 31. Reza imawan  |  January 21, 2011 at 11:43 pm

    ass…
    Aq mnta alamat ldii di kota ambon,klo bsa sama numb. Tlpn.a ya!!
    Tlg dkrm skaran d email saya!!

    Reply
    • 32. qhj4ever  |  January 22, 2011 at 5:56 am

      Silahkan kontak email dpd.ldii.maluku@gmail.com

      Reply
      • 33. Hadi,S.Pd  |  May 19, 2011 at 9:44 am

        budi luhur adalah salah satu proses bermasyarakat yang dapat menjadikan LDII berkembang

  • [...] Wiki [...]

    Reply
  • [...] Wiki [...]

    Reply
  • 36. cara mendaftar di Wordpress « pcptya  |  May 24, 2011 at 5:57 am

    [...] Wiki [...]

    Reply
  • 37. sukarto  |  October 15, 2011 at 3:04 pm

    assalamualaikum wrwb, sy warga ldii yng tinggal d bogor. tp skrng saya bekerja di salah satu perusahaan asing yaitu di kapal pesiar. bagaimana caranya supaya sy bs lancar ngajinya? amsol di bls ke email saya. sukarto_kesya@yahoo.com

    Reply
  • 38. fairlany  |  November 24, 2011 at 4:50 am

    aku lagi ada dijakarta pusat tepatnya dikota bambu selatan.amsol minta alamat masjid terdekat disekitar sini dngk!!! ajzkm

    Reply
  • 39. hafid hadilang  |  January 27, 2012 at 12:29 am

    Assalamu Alaikum,,
    Amal sholeh diberitahukn alamat mesjid2 kt yg ada diseputaran sulawesi tenggara..!!
    Jazakumullohu khoiro

    Reply
  • 40. Dewi  |  March 11, 2012 at 2:27 pm

    Asa…sy ingin ikut pengajian ibu-ibu…sy tinggal didaerah Cipinang indah…sebaik ya sy mendaftar kemana…
    Wassaalam
    Dewi

    Reply
  • 41. Purwidiati  |  March 16, 2012 at 4:49 am

    Sekedar sharing: tadinya saya juga salah satu yang menentang ajaran LDII (walaupun tidak extreme) karena banyaknya pemberitaan-pemberitaan miring mengenai ajarannya. Tetapi, setelah saya masuk dan mengikuti kegiatan-kegiatan pengajian LDII, ternyata pemberitaan-pemberitaan negatif itu hanyalah isu belaka. Alhamdulillah, Alloh masih sayang dengan saya : Mesjid LDII di daerah Ciracas, Jakarta timur

    Reply
  • 42. mas gatot  |  May 10, 2012 at 7:05 am

    Bisa tau ga alamat LDII seputaran kuta bali, ajzk

    Reply
  • 43. agus wirawan  |  June 3, 2012 at 12:06 pm

    amsol minta alamat LDII kota medan ..saya ada dines disana tangal Juni Ajkh..

    Reply
  • 44. Ali  |  June 6, 2012 at 4:25 am

    ass… mohon info untuk alamat masjid yang paling dekat di daerah Komplek Puri Indah, Kembangan Selatan, Kembangan, Jakarta Barat…. AJZKH

    Reply
  • 45. eko haryanto  |  June 16, 2012 at 5:52 am

    siiiiiiiip

    Reply
  • 46. lelo  |  June 26, 2012 at 7:13 am

    amsol alamt jamaah di turki,ajzkh

    Reply
  • 47. slamet haryanto  |  July 24, 2012 at 5:30 am

    assalamualaikum saudara,masukan buat pengurus LDII agar generus bsa mencapai kemandirian ,supaya ada PELATIHAN KERJA atau apa dari PENGURUS punya inisiatif sendiri.WAALAIKUM SALAM.

    Reply
  • 48. Adil Zean  |  August 7, 2012 at 6:10 pm

    Assalamu’allaikum Amshol…
    Saya mau nanya masalah lailatul qadar….
    Apa saja yang kita lakukan saat menjalankan malam lailatul qadar…..

    Terimakasih AJKH…..

    Reply
  • 49. wiwin daniah  |  October 27, 2012 at 11:46 pm

    Assalamu’alaikum. Saya ingin bertanya alamat LDII yang dekat dengan kampus USU di mana ya??? Soal nya saya kuliah jadi nggak tau di mana.
    Dzazakumuloh khoiro

    Reply
  • 50. fauzhan  |  November 10, 2012 at 5:44 am

    amsol ksih alamat pngajian terdekat di skitar pembataan, murung pundak, tanjung tabalong KALSEL… ajkq..

    Reply
  • 51. deden batam  |  December 10, 2012 at 11:40 am

    amal soleh diberitahukan alamat masjid ldii di australia kususnya dekat bandara.jazakumullohu khoiro

    Reply
  • 52. didik santoso  |  January 6, 2013 at 6:07 am

    Aku minta alamat masjid LDII yg deket dengan daerah perum pondok melati dong…..

    Reply
  • 53. yoga  |  January 28, 2013 at 1:04 pm

    muga muga allah paring selamat aman lancar barokah… Amin

    Reply
  • 54. indro  |  February 17, 2013 at 10:35 am

    amalsolih minta alamat masjid ldii terdekat dari medan amplas

    Reply
  • 55. 3R45Y1D  |  May 8, 2013 at 7:26 am

    tlong tatacara bgmn saya bisa ikut mengaji diLDII
    saya tinggal di dramaga kampus IPB tolong caranya dikirim keemail

    Reply
  • 56. 3R45Y1D  |  May 8, 2013 at 7:27 am

    tlong tatacara bgmn saya bisa ikut mengaji diLDII
    saya tinggal di SENDANG MULYO, SEMARANG, tolong caranya dikirim keemail

    Reply
  • 57. aldi  |  May 15, 2013 at 8:41 am

    Assalamualaikum…. saya ingin bertanya untuk alamat masjid ldii disekitar daerah bangka atau kemang jakarta selatan… dzakumullahu khoiroh

    Reply
  • 58. rachmansyah  |  May 15, 2013 at 5:02 pm

    assalamualaikum
    amsol minta info alamat tempat sambung yang deket dari jalan raden saleh jakarta.
    ajkml

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 44 other followers

%d bloggers like this: